DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesalahan SIswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menurut Tahapan Kastolan Berdasarkan Kecemasan Matematika
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Pradnyani, Ida Ayu Indah
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-07-21 07:33:28 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menjawab soal cerita pada materi SPLDV menurut tahapan kastolan berdasarkan tingkat kecemasan matematikanya, mencari penyebab kesalahan serta solusi yang mungkin diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Mengwi dengan subjek penelitian yakni siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan yakni hasil tes, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan jika (1) siswa dengan tingkat kecemasan ringan melakukan kesalahan prosedural, (2) siswa dengan tingkat kecemasan sedang melakukan kesalahan prosedural, konseptual dan teknikal, serta (3) siswa dengan tingkat kecemasan berat melakukan kesalahan prosedural, konseptual dan teknikal. Penyebab kesalahan yang dilakukan, yakni (1) faktor kognitif pada indikator takut gagal, (2) faktor kognitif pada indikator kepercayaan diri, dan (3) faktor afektif pada indikator gugup. Solusi yang dapat diberikan adalah (1) memberikan penilaian secara objektif, dan (2) sering berlatih soal sejenis. Kata-kata kunci: Analisis Kesalahan Kastolan, Soal Cerita SPLDV, Kecemasan Matematika. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha