DETAIL DOCUMENT
ASSESSMENT LITERACY OF ENGLISH TEACHERS IN BADUNG, BALI, INDONESIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Nyudak, Isidorus Bagus Geovenda
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 03:32:13 
Abstract :
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa literasi penilaian guru mempengaruhi praktik penilaian kelas. Guru yang paham akan konsep penilaian tahu apa yang mereka nilai, mengapa mereka menilai, bagaimana cara menilai, mengetahui penilaian yang tidak efektif, dan bagaimana mengurangi dampak buruk penilaian yang tidak efektif. Melihat pentingnya literasi penilaian guru, penelitian ini dilakukan untuk menguji literasi penilaian guru Bahasa Inggris dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan memanfaatkan desain metode campuran sekuensial. Terdapat 42 perwakilan guru Bahasa Inggris di Kabupaten Badung dari semua jenjang sekolah. Berdasarkan data penelitian ini, tingkat literasi penilaian guru Bahasa Inggris berada dalam level sedang. Pengetahuan yang dimiliki guru terkait dengan tujuh standar literasi penilaian adalah sekitar 57%. Lima soal sukar, empat soal sangat sukar, dan tiga faktor penting dianalisis: Pengembangan Profesional, Pengalaman Profesional, dan dukungan Kelembagaan. Penelitian ini menemukan bahwa butir soal yang sukar dan sangat sukar mempengaruhi tingkat literasi penilaian, yang umumnya disebabkan oleh miskonsepsi guru mengenai validitas dan reliabilitas instrumen atau teknik penilaian serta ketidaktahuan guru terhadap beberapa istilah tertentu. Selain itu, pengembangan profesional dan pengalaman mengajar mempengaruhi literasi penilaian karena subjek penelitian dengan pengembangan profesional dan pengalaman mengajar yang memadai memiliki tingkat literasi penilaian yang lebih baik. Sebaliknya, dukungan kelembagaan tampaknya tidak berpengaruh dalam konteks ini. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha