DETAIL DOCUMENT
Analyzing Reading-related Activities in English Textbook for Grade 9 in SMP Negeri 1 Negara and How The Texts are Exploited in The Classroom
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Cahyani, Ni Kadek Yuli
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 15:16:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan terkait membaca yang tersedia dalam buku teks bahasa Inggris untuk kelas 9 di SMP Negeri 1 Negara dan untuk mengamati bagaimana teks bacaan dieksploitasi di kelas bahasa Inggris oleh guru bahasa Inggris. Agar proses belajar mengajar membaca berjalan dengan efektif, penting untuk mempertimbangkan kesesuaian kegiatan membaca baik seperti yang tercantum dalam buku teks bahasa Inggris atau selama proses belajar mengajar di kelas. Peneliti ini mencoba untuk mendeskripsikan jenis kegiatan yang berhubungan dengan membaca yang muncul di buku teks bahasa Inggris untuk Kelas 9 dan bagaimana teks tersebut dieksploitasi di dalam kelas. Metode deskriptif kualitatif digunakan dimana pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen, observasi kelas, dan wawancara. Data dianalisis dengan kriteria kegiatan terkait membaca oleh Louis, et al, (2016) dan Elaine K. McEwan (2022). Kriteria eksploitasi teks mengacu pada Isnawati (2012) sebagaimana dikutip dalam Manurung, Pardede, Purba (2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada beberapa kegiatan terkait membaca yang ditemukan dari buku teks bahasa Inggris kelas 9, seperti skimming/scanning (gagasan utama dan detail), item leksikal (mengidentifikasi makna kata, sinonim, dan kata gramatikal), dan bertanya ( jawaban singkat, benar/salah, pilihan ganda, ya/tidak, melengkapi, dan menjodohkan). Kemudian, kegiatan terkait membaca yang paling sering terjadi di buku teks adalah skimming/scanning-details (jawaban singkat) dan tanya jawab-jawaban singkat. Sementara itu, guru bahasa Inggris menggunakan strategi eksploitasi teks, seperti mengubah beberapa kalimat (grammatical words), menentukan pernyataan yang benar (skimming/scanning), menentukan pernyataan Benar atau Salah, dan melengkapi ruang kosong dalam teks bacaan. Menurut wawancara, guru bahasa Inggris sebagian besar mengandalkan kegiatan membaca yang ada di buku teks bahasa Inggris. Studi ini menyimpulkan bahwa ada beberapa tingkat konsistensi antara kegiatan yang dinyatakan dalam buku teks dan kegiatan di kelas. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha