DETAIL DOCUMENT
Kontribusi Kecemasan Matematis dan Prokrastinasi Akademik terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Putra, I Komang Adi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 04:30:43 
Abstract :
Ketika siswa mengikuti pembelajaran matematika terkadang ada beberapa hambatan yang dialami siswa, seperti kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik. Penelitian dengan jenis ex post facto ini bertujuan mengetahui kontribusi kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Abiansemal. Populasi penelitian ini berjumlah 1452 siswa yang tersebar di lima SMP Negeri yang ada di Kecamatan Abiansemal. Jumlah sampel penelitian ini adalah 218 siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik, serta tes kemampuan literasi matematika. Instrumen angket dan tes yang digunakan tersebut sudah melalui uji pakar dan uji empiris dengan reliabilitas sebesar 0,921 untuk angket kecemasan matematis, 0,894 untuk angket prokrastinasi akademik, dan 0,742 untuk tes kemampuan literasi matematika. Penganalisian data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui kontribusi kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Sebelum dilakukan uji analisis regresi linier berganda, data harus memenuhi uji asumsi klasik. Data juga dideskripsikan dengan statistik deskriptif meliputi ukuran pemusatan data dan distribusi frekuensi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Abiansemal sebesar 45,1%, sedangkan sisanya sebesar 54,9% merupakan kontribusi variabel-variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Jadi, dapat diketahui bahwa siswa yang tidak cemas terhadap matematika dan memiliki prokrastinasi akademik yang rendah, pasti memiliki kemampuan literasi matematika yang optimal. Dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan proses pembelajaran matematika di kelas dapat dilakukan lebih bervariatif, sehingga siswa bisa mengikuti proses pembelajaran dengan suasana yang kondusif dan mampu mengoptimalkan kemampuan literasi matematika siswa. Kata kunci: Kecemasan matematis, prokrastinasi akademik, kemampuan literasi matematika 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha