DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Problem Based Flipped Classroom Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Petang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Anggreni, I Gusti Ayu Era
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 02:21:53 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Flipped Classroom learning (PBFCL) dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design dengan populasi penelitian adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Petang yang terdiri atas 5 kelas dengan total populasi sebanyak 165 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 dengan jumlah siswa sebanyak 67 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random assignment. Data hasil belajar fisika siswa diperoleh melalui pemberian tes berbentuk essay. Nilai reliabilitas tes 0,893. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelompok model PBFCL dan model konvensional masing-masing adalah 87,75 dan 78,95 dengan standar deviasi 3,52 dan 3,80. Simpulan penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar fisika siswa antara siswa yang belajar dengan model PBFCL dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar fisika siswa dengan model PBFCL lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha