DETAIL DOCUMENT
The Effect of PowToon-Based English Learning Media Towards 7th Grade Students in SMP N 2 Amlapura
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Parwati, Ni Made Yuli
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 08:40:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh media pembelajaran bahasa Inggris berbasis PowToon terhadap prestasi siswa kelas 7 di Sekolah Menengah Negeri Pertama 2 Amlapura. Disusun dalam studi kuantitatif, a quasi-experimental pre and post-test non-equivalent group design digunakan. Ada 63 sampel yang berpartisipasi dan data dikumpulkan menggunakan tes bahasa Inggris yang terdiri dari 10 item bacaan, 10 item mendengarkan, 1 paragraf menulis, dan 1 tes kinerja berbicara. Sebelum pengumpulan data, uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukinstrumentan Gregory Formula and Pearson Product Moment, instrument penelitian dinyatakan valid dan reliable ((Vi =1; α=0.901). Data yang sudah didapat kemudian dianalisa menggunakan Statistik Deskriptif dan statistic Inferensif yang meliputi uji asumsi, Independent Sample T-Test, dan Effect Size. Hasil menunjukan bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimental lebih besar dari kelompok control (72,6>62.8) secara deskriptif. Disisi lain, secara Inferensial, uji asumsi dinyatakan homogen dan normal sehingga test parametrik bisa dilakukan. Hasil analisis menunjukan bahwa ada perbedaan signifikan antara kelompok control (R=62,8; SD=17,2) dengan kelompok eksperimental (R=72,8; SD=21.5); t(61)=2.01, p=0.043 (two tailed). Besar pengaruh dari perbedaan skor rata-rata dari kedua grup adalah menengah (eta square= 0.6). Ini berarti ada pengaruh signifikan oleh PowToon pada prestasi belajar siswa. Jadi, bisa disimpulkan bahwa PowToon bisa menjadi media yang baik untuk prestasi belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha