DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA ENERGI PADA MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Ni Nyoman Anik Rahayu Trisna
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 02:42:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi pada makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) oleh Thiagarajan, namun penelitian ini dibatasi pelaksanaannya sampai tahap develop. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari dua orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 15 orang siswa kelas VII untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori kevalidan sangat tinggi, dilihat dari skor angket penilaian oleh dua orang ahli Pendidikan IPA sebesar 0,98. Kepraktisan modul IPA Terpadu yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh lima orang guru IPA sebesar 4,4. Keterbacaan modul IPA Terpadu yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh 15 orang siswa kelas VII sebesar 4,53. Berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi pada makhluk hidup sudah memenuhi syarat valid, praktis, dan terbaca dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk dan penyebaran produk. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha