DETAIL DOCUMENT
E-KONSELING DENGAN TEORI KONSELING BEHAVIORAL DAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMP NEGERI 6 SINGARAJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Pelawi, Sindy Claudia Br
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 01:40:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji validitas isi, keparktisan buku panduan dan mengetahui efektivitas buku panduan bimbingan berbasis e-konseling dengan teori konseling behavioral dan teknik penguatan positif untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri 6 Singaraja. Prosedur pengembangan menggunakan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, (1974). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala prokrastinasi akademik yang mencakup aspek meliputi : 1) takut pada kesalahan, 2) perasaan takut mencapai keberhasilan, 3) perasaan takut pada kekalahan, 4) ketakutan pada separasi dan intimasi takut pada perpisahan serta takut pada keintiman). Sampel dalam penelitian ini adalah 7 siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data isi produk buku panduan, uji kepraktisan buku panduan dan uji efektivitas buku panduan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penilaian buku panduan dengan melibatkan 3 dosen FIP Undiksha dan 2 guru BK SMP 6 Singaraja mendapatkan hasil CVR=22 dan CVI = 0,98, 2) Panduan Uji kepraktisan melibatkan 10 guru BK dari SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP 6 Singaraja, hasil yang didapatkan adalah sebesar 90,62% pada kategori Sangat Praktis. 3) Uji Efektivitas yang telah dilakukan dengan menggunakan 7 peserta didik, harga signifikasi skor pre-test dan skor post-test sebanyak 0,42 dan 0,09 harga signifikasi tersebut lebih besar 0,05. Saran bagi peneliti selanjutnya, perlu adanya penelitian pengembangan lebih lanjut mengenai buku panduan bimbingan berbasis e-konseling untuk aspek-aspek lama bisa diganti ke aspek terbaru sehingga sesuai dengan keadaan dan perkembangan siswa SMP, Rekomendasi pada peneliti lain menggunakan teknik self manajemen 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha