DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA MAKANAN EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Somawati, Ni Kadek Ayu Dewi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 02:55:28 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing pada tema makanan empat sehat lima sempurna. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek uji coba adalah 2 orang ahli Pendidikan IPA, 5 orang guru IPA kelas VIII, dan 30 orang siswa kelas VIII. Objek uji coba adalah penilaian uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keterbacaan. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan, yaitu (1) menggunakan tema makanan empat sehat lima sempurna, (2) menggunakan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing, (3) berisikan petunjuk penggunaan modul, (4) setiap sub materi berisikan fitur ayo lakukan, ayo simak, ayo berlatih, dan sekilas info. Tingkat kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh 2 orang dosen ahli Pendidikan IPA sebesar 0,98. Tingkat kepraktisan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh 5 orang guru IPA kelas VIII sebesar 4,79. Tingkat keterbacaan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh dan 30 orang siswa kelas VIII secara berturut-turut sebesar 4,56. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha