DETAIL DOCUMENT
THE IMPLEMENTATION OF POWTOON FOR THE FOURTH GRADERS IN AN AUTONOMOUS LEARNING CONTEXT: STUDENTS’ ACHIEVEMENT AND RESPONSES
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Yanti, Ni Made Widekusuma
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 04:10:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan pada penggunaan video PowToon sebagai media pembelajaran dalam mendukung kemandirian belajar siswa dan respon siswa terhadap penggunaan video PowToon. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah sequential explanatory mixed-method (Quan-Qual). Populasi dan sampel penelitian ini adalah 46 siswa kelas IV SD Lab. Undiksha. Kelas 4A dipilih sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan media pembelajaran video PowToon, sedangkan kelas 4B sebagai kelompok kontrol yang diajar menggunakan media lain (PowerPoint). Data diperoleh melalui posttest yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dimana kelompok eksperimen memiliki hasil prestasi belajar yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Dari hasil uji hipotesis (Mann-Whitney U), didapatkan nilai signifikan 0.009 < 0.05 dan menghasilkan ukuran efek sedang. Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki pengaruh yang signifikan sesudah menggunakan media pembelajaran. Hal ini juga didukung dengan hasil angket dan pedoman wawancara bahwa siswa yang belajar dengan video PowToon lebih termotivasi dalam belajar yang membantu mereka untuk belajar secara mandiri. Hal ini menunjukkan bahwa video PowToon memiliki efek dalam meningkatkan prestasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan membantu siswa untuk belajar secara mandiri. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha