DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Adnyana, Putu Gede Widhy
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-26 02:18:10 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran dengan pendekatan RME berbasis etnomatematika (Realistic Mathematic Education) serta mendeskripsikan kualitasnya dari segi validitas, kepraktisan dan efektifitasnya sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan prosedur pengembangan oleh Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 yaitu kelas IX H pada uji coba terbatas, IX K pada uji coba lapangan 1 dan IX J pada uji coba lapangan 2. Data dalam penelitian ini adalah data validitas perangkat yang didasarkan pendapat pakar menggunakan lembar validasi perangkat, data kepraktisan perangkat pembelajaran didasarkan pada data keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respon siswa dan angket respon guru, sedangkan data keefektifan perangkat pembelajaran terdiri dari data pemahaman konsep metematika siswa yang dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep dan data motivasi siswa yang dikumpulkan melalui instrumen berupa angket. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah berupa perangkat pembelajaran dengan pendekatan RME berbasis etnomatematika yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Karakteristik buku siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah (1) Buku siswa memuat kegiatan pembelajaran sesuai tahapan pendekatan RME, (2) Siswa mengkonstruksi pemahamannya terhadap konsep yang dipelajari melalui permasalahan awal dengan etnomatematika budaya batik, (3) Buku siswa memuat permasalahan yang dekat dengan kehidupan siswa berkaitan dengan materi yang dipelajari dan (5) Pada buku siswa terdapat ruang bagi siswa untuk menuliskan kesimpulan dan refleksi. Karakteristik buku petunjuk guru yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah (1) Buku petunjuk guru memudahkan guru dalam proses pembelajaran dikelas, (2) Buku petunjuk guru berisi alternatif-alternatif tindakan serta dilengkapi alternatif jawaban dan (3) Berisikan RPP yang sesuai dengan proses pembelajaran dengan pendekatan RME 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha