DETAIL DOCUMENT
The Implementation of 3-2-1 Strategy in Teaching Reading Through Online Learning in The Junior High School
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Putu Melia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 06:22:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari penerapan strategi 3-2-1 dalam pengajaran membaca melalui pembelajaran daring terhadap kemampuan membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Busungbiu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Busungbiu pada tahun ajaran 2021/2022. Dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian melalui teknik Cluster Random Sampling. Kelas VIII C diperlakukan sebagai kelompok eksperimen yang diajar membaca melalui pembelajaran daring dengan menggunakan strategi 3-2-1, sedangkan kelas VIII A diperlakukan sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Data pre-test dan post-test yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferential dengan menggunakan SPSS 23.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan hasil lebih baik daripada siswa pada kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan oleh hasil statistik deskriptif yang menunjukkan nilai rata-rata dari kelompok eksperimen (81.29) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol (69.81) pada hasil post-test. Selain itu, hasil analisis independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari pre-test adalah 0.535 (> α = 0.05) dan nilai signifikansi dari post-test adalah 0.000 (< α = 0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi 3-2-1 memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Busungbiu. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha