DETAIL DOCUMENT
Pemberian Aromaterapi Lavender Berpengaruh terhadap Tingkat Stres dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 4 Singaraja
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Adiwibawa, Marcel
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-24 07:35:53 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian aromaterapi lavender dapat menurunkan tingkat stres belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dibandingkan dengan yang tidak diberikan aromaterapi lavender. Penelitian eksperimental semu ini menggunakan rancangan nonequivalent randomized pre and post test control group design. Populasi target adalah seluruh peserta didik di SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2019/2020 dan populasi terjangkau adalah peserta didik kelas XI. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 (kelas kontrol) dan XI MIPA 3 (kelas eksperimen), dengan jumlah sampel 60 orang. Variabel terikat adalah tingkat stres belajar yang didata dengan kuesioner stres belajar dan tingkat motivasi belajar yang didata dengan kuesioner motivasi belajar. Pendataan dilakukan sebelum dan sudah perlakuan selama 3 (tiga) kali pengulangan pada kelas kontrol dan eksperimen. Data yang diperoleh di analisis dengan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan yang signifikan pada tingkat stres belajar sebesar 18,54% dan peningkatan motivasi belajar sebesar 6,73% (p < 0,05). Disimpulkan bahwa pemberian aromaterapi lavender dapat menurunkan stres belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Singaraja dibandingkan dengan yang tidak diberikan aromaterapi lavender. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha