DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Articulate Storyline 3 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP N 1 Negara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Isimunuartha, Gde Rama
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 07:26:38 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media Articulate Storyline 3 terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Negara tahun ajaran 2021/2022. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh siswa kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Data prestasi belajar matematika siswa dijaring dengan menggunakan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan nilai t_hitung=2,809 dan nilai t_tabel=1,696 dengan taraf signifikansi 5%. Apabila dibandingkan, nilai t_hit>t_tabel maka H_0 ditolak. Hal ini berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran CPS berbantuan media Articulate Storyline 3. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat direkomendasikan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan media Articulate Storyline 3 dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha