DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN MENGANALISIS KONSEP PADA MATERI BARISAN DAN DERET SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINGARAJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Adyasari, Ni Putu Wiwin
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2022-07-21 06:12:29 
Abstract :
Kurangnya kemampuan menganalisis konsep matematika siswa menyebabkan tujuan pembelajaran yang ditetapkan tidak dapat dicapai secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis konsep matematika siswa dan persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitiatif. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singaraja pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian ini adalah kemampuan menganalisis konsep matematika yang dikumpulkan menggunakan tes. Tes disusun berdasarkan dimensi kognitif pada jenjang menganalisis (C4) sesuai Taksonomi Bloom Revisi. Data dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian adalah (1) rata-rata persentase kemampuan menganalisis konsep matematika siswa pada materi barisan dan deret kelas XI SMA Negeri 1 Singaraja sebesar 58,61%, tergolong sedang; (2) kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan menganalisis konsep sesuai indikator Taksonomi Bloom revisi meliputi kemampuan membedakan, mengorganisasi, dan mengatribusikan. Persentase ketiga indikator tersebut berturut-turut: membedakan sebesar 66,67% tergolong tinggi, mengorganisasi sebesar 83,33% tergolong sangat tinggi, dan mengatribusikan sebesar 88,24% tergolong sangat tinggi. Kata kunci: kemampuan menganalisis konsep, materi barisan dan deret, taksonomi bloom revisi. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha