DETAIL DOCUMENT
The Implementation of KWL Strategy on Student’s Reading Comprehension at SMA N 1 Kintamani in Online Learning
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Widyari, Ni Kadek Riska
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-21 22:38:44 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi KWL terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua SMA N 1 Kintamani dalam pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test and post-test control group design. XI IPS 1 dan XI IPS 2 dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Dengan melibatkan kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional, dan kelas XI IPS 2 sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi KWL dalam pembelajaran membaca. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan SPSS 23. Pada pre-test, penelitian ini menemukan bahwa kelompok eksperimen (M=56,28) menunjukkan skor rata-rata pemahaman membaca yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol (M= 55,87). Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol pada pre-test tidak signifikan (α=>0,05). Selanjutnya pada post-test, kelompok eksperimen memperoleh prestasi pemahaman membaca yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen (M=74,32) memperoleh nilai rata-rata pemahaman membaca yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (M=61,16). Hasil uji-t juga menegaskan bahwa perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol pada post-test adalah signifikan (α=<0,05). Kesimpulannya, strategi KWL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua di SMAN 1 Kintamani dalam pembelajaran online. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha