DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV SD TEMA 7 DI GUGUS X KECAMATAN KINTAMANI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Surya, I Gede
Subject
LA History of education 
Datestamp
2022-07-21 09:05:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen hasil belajar IPA dan sikap toleransi siswa kelas IV SD yang valid dan reliabel pada Gugus X Kecamatan Kintamani. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, and disseminate. Namun tahap disseminate tidak dilakukan diakibatkan oleh terjadinya sebuah pandemi Covid19. Pada tahap define, dilakukan penyusunan kisi-kisi instrumen hasil belajar IPA dan sikap toleransi. Pada tahap design, kisi-kisi tersebut dijabarkan menjadi butir instrumen. Pada tahap develop, dilakukan uji validitas isi (content) dengan teknik Lawshe untuk menghitung Content Validity Ratio (CVR) dan uji reliabilitas oleh validator. Untuk menguji instrumen hasil belajar IPA menggunakan rumus KR20 sedangkan instrumen sikap toleransi menggunakan rumus Alpha Cronbach. Subjek penelitian melibatkan dua orang dosen ahli dan tiga orang rekan guru kelas IV yang berperan sebagai validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen hasil belajar IPA dengan bentuk tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai α = 0,72. Hasil instrumen sikap toleransi siswa dengan bentuk angket yang terdiri dari 25 butir pernyataan dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai r11 = 0,83. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha