DETAIL DOCUMENT
Analyzing Reading-related Activities in English Textbook for Grade 7 in SMP PGRI 2 Denpasar and How the Texts are Exploited in The Classroom
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Ni Made Yuni Karya
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-22 01:28:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis kegiatan terkait membaca yang terdapat dalam buku teks Bahasa Inggris yang berjudul “Effective English Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas VII” yang digunakan untuk siswa kelas 7 di SMP PGRI 2 Denpasar dan mendeskripsikan bagaimana teks bacaan dieksploitasi oleh guru didalam kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis kegiatan terkait membaca pada buku teks bahasa Inggris yang digunakan dan mengamati bagaimana guru mengeksploitasi teks bacaan dikelas. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan analisis dokumen, observasi kelas, dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui proses analisis data menurut Miles and Huberman (1984) yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya terdapat sedikit kegiatan terkait membaca pada buku teks yang berjudul “Effective English Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas VII”, yaitu kegiatan item leksikal dan bentuk latihan pertanyaan. Sedangkan, strategi guru dalam memanfaatkan teks bacaan juga terbatas karena guru hampir menggunakan kegiatan membaca yang tersedia di buku teks. Penelitian ini memiliki keterbatasan waktu, jumlah subjek, dan sumber data sehingga disarankan untuk penelitian lebih lanjut untuk temuan yang lebih dapat digeneralisasikan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha