DETAIL DOCUMENT
ANALISIS IMPLEMENTASI SOP PADA HOUSEKEEPING DEPARTMENT HOTEL FOUR POINTS DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Asa, I Kadek
Subject
GV Recreation Leisure 
Datestamp
2022-07-22 00:38:50 
Abstract :
Hotel adalah akomodasi yang dikelola secara komersial dengan menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada dalam menyediakan fasilitas pelayanan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa lainnya dan di kelola secara profesional untuk mendapat keuntungan. Di masa pandemi covid-19 ini, hotel harus menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah terutama dalam pelayanan fasilitas-fasilitas terutama kamar hotel dan area umum horel. Sehingga, hotel perlu memodifikasi Standar Operasional Prosedur (SOP) terutama untuk Housekeeping Department. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur di departemen Housekeeping dalam mempersiapkan kamar dan pembersihan area umum hotel selama masa pandemi di Hotel Four Points by Sheraton Bali, Ungasan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu perubahan SOP dilakukan oleh Housekeeping Department selama masa pandemi menggunakan APD (Alat Perlindungan Diri), menyiapkan trolley, memasuki kamar, proses sterilisasi, pembersihan area umum dan penanganan linen dan soil yang sesuai dengan dengan protokol kesehatan. Adapun beberapa kendala yang dialami Housekeeping yaitu pada saat pengunaan APD cukup mempersulit dan cukup memakan waktu saat persiapan, adanya tambahan alat yang digunakan untuk membersihkan bakteri kamar, serta jika terjadi kerusakan pada alat untuk mensterilkan bakteri. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha