DETAIL DOCUMENT
An Analysis of Junior High School Students’ Motivation in Learning English Online during Covid-19 Pandemic
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Hutaminingrum, Made Prima Devi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-07-22 01:26:38 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis motivasi siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris online selama Pandemic. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pre- observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Dalam penelitian ini, hasil wawancara menemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris online selama pandemic adalah otonomi, kompetensi, lingkungan belajar, dan aktivitas belajar yang menyenangkan. Selama mengikuti pembelajaran siswa merasa tidak leluasa ketika belajar secara online karena pada saat belajar siswa tidak di dampingi oleh guru, selain itu siswa merasa sulit untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki karena tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki, lingkungan belajar dirumah seperti ruang belajar menyebabkan tidak focus dan merasa terganggu pada saat belajar karena terdapat gangguan dari sekitar rumah dan koneksi internet yang tidak stabil, dan aktivitas pembelajaran yang tidak menarik seperti permainan atau kuis yang diberikan tidak menggunakan media atau aplikasi dan materi yang disampaikan sulit untuk dimengerti. Dengan demikian dari hasil interview ditemukan faktor-faktor tersebut menyebabkan penurunan motivasi belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha