DETAIL DOCUMENT
INVESTIGATING THE EFFECT OF LITERACY-BASED INSTRUCTION AIDED BY ICT ON ENGLISH COURSE IN GRADE 9TH STUDENTS IN SMP NEGERI 1 TEJAKULA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Suganda, Prana Isvari
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-07-21 13:50:38 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan dalam penyelidikan pengaruh pembelajaran berbasis literasi yang dibantu oleh TIK pada pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas 9 di SMP Negeri 1 Tejakula. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen pre-test, post-test dan pedoman wawancara. Hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan analisis uji sampel independen untuk mengukur pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran berbasis literasi berbantuan TIK dan pembelajaran berbasis non-literasi. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisis pedoman wawancara kelemahan pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi berbantuan TIK menggunakan analisis model interaktif. Validitas dan reliabilitas digunakan sebagai uji coba sebelum diberikan pilihan ganda dan tes esai untuk kelompok kontrol dan eksperimen dengan menunjukkan hasil Pearson Correlation lebih tinggi daripada rtable dan nilai Cronbach’s Alpha lebih tinggi daripada 0.80. Ditemukan bahwa pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur hasil skor bahasa Inggris siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok kontrol dan eksperimen. Berdasarkan dari hasil analisis independen sampel t-test menunjukkan bahwa hipotesis (Ha) diterima karena Tobserved lebih tinggi dari nilai kritis (0.05). Itu berarti terdapat pengaruh terhadap instruksi berbasis literasi dibantu oleh TIK dalam ukuran efek yaitu 0.5 yang di klasifikasikan sebagai efek sedang. Penggunaan media berbantuan TIK dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis literasi memiliki beberapa kendala dalam penyampaian materi selama pembelajaran online. Kelemahan penerapan pembelajaran berbasis literasi adalah keterbatasan siswa dalam mengakses materi saat pembelajaran yang disebabkan oleh jaringan internet ketika online berlangsung. Kata kunci: literasi berbasis instruksi, TIK, pembelajaran Bahasa Inggirs, siswa kelas 9. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha