DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN IMPROVE BERORIENTASI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 KUTA SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Saraswati, Ni Luh Ayu Gita
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-06-21 03:16:07 
Abstract :
Proses pembelajaran matematika yang belum berjalan sesuai dengan standar proses pada satuan pendidikan, mengakibatkan prestasi belajar matematika siswa tergolong klasifikasi yang rendah. Oleh karenanya, beberapa metode pembelajaran diterapkan guna mengatasi masalah yang ada. Solusi yang dapat ditawarkan ialah dengan menggunakan metode pembelajaran improve. Sebagai bagian dari memaksimalkan penerapannya, metode improve perlu untuk dikolaborasikan dengan strategi atau pendekatan konflik kognitif. Konflik kognitif muncul melalui kesalahan yang sengaja dibuat pada latihan soal selama pelaksanaan pembelajaran dengan metode improve. Sehingga, Penelitian ini memiliki tujuan untuk membandingkan prestasi belajar matematika siswa SMAN 1 Kuta Selatan yang mengikuti pembelajaran dengan metode improve berorientasi konflik kognitif dengan prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Kuta Selatan dengan jumlah 248 orang. Sampel penelitian yang digunakan adalah 2 kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Terdiri dari kelas eksperimen yakni kelas XI MIPA 6 berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol yakni kelas XI MIPA 3 berjumlah 35 siswa. Quasi exsperiment (eksperimen semu) merupakan jenis penelitian yang digunakan dengan Posttest-Only Control Group Design. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu metode tes dengan jenis tes uraian. Diperoleh rerata skor kelas eksperimen adalah 85,80 dan rerata skor pada kelas kontrol adalah 82,25. Rerata skor posttest pada kelas eksperimen diperoleh lebih tinggi dibanding dengan rerata skor posttest kelas kontrol. Hipotesis diuji menggunakan Uji Independent Samples t-test dan acuan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji menunjukkan t_hitung>t_tabel yaitu 2,140>1,6673. Oleh sebab itu, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran improve berorientasi konflik kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kuta Selatan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha