DETAIL DOCUMENT
Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi di Kelas X SMA Negeri Bali Mandara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Widiastari, I Gusti Agung Mas
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-03-27 05:36:48 
Abstract :
Penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi pada materi teks laporan hasil observasi di kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia dan peserta didik X sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah proses, kendala, dan respon peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi serta teknik analisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, proses pembelajaran dirancang oleh guru dengan menyusun perangkat yang akan dipergunakan saat mengajar, menentukan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, dan menentukan evaluasi pembelajaran yang akan dipergunakan saat mengajar. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan strategi atau komponen dari pembelajaran berdiferensiasi, yaitu terdapat diferensiasi proses, konten, produk, dan lingkungan belajar. Pembelajaran dilaksanakan dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan adalah evaluasi tes dan nontes. Kedua, kendala dalam pembelajaran dialami oleh guru dan peserta didik. Ketiga, respon yang diberikan peserta didik terkait pembelajaran termasuk tanggapan positif dengan persentase 96,66%. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha