DETAIL DOCUMENT
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK-ANAK di SMP N 5 SINGARAJA KELAS IX A
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Yasa, Komang Tri Buana
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-04-01 07:58:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter disiplin siswa kelas IX A SMP N 5 SINGARAJA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran PPKn dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan alternatif pemecahan masalahnya. Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi/observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP N 5 SINGARAJA tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi , wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis yang telah dilakukan dalam siklus I dan II mengenai karakter siswa, dalam siklus I didapatkan skor rata-rata siswa yakni 114,9 dengan kategori sedang. Melanjutkan siklus II,setelah diadakannya siklus II peningkatan karakter siswa mulai terlihat dan dengan diadakan Kembali siswa kelas IX A SMP negeri 5 Singaraja melalui wawancara dan dokumentasi dari siswa maka diperoleh rata-rata 134,9.Dengan dilakukanya perbaikan pada siklus II karakter disiplin siswa dikatakan berhasil dengan pencapaian kategori tinggi.Dapat disimpulkan dari penelitian terkait Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Upaya Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Pada Anak-anak di SMP N 5 Singaraja kelas IX A mengalami peningkatan baik dari karakter disiplin siswa maupun aktivitas siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha