Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter disiplin siswa kelas
IX A SMP N 5 SINGARAJA melalui penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning dalam proses pembelajaran PPKn dan untuk mengetahui
kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning dan alternatif pemecahan masalahnya. Jenis penelitian ini
tergolong penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus
dengan rancangan siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, evaluasi/observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX
A SMP N 5 SINGARAJA tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 32 orang
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi , wawancara
dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif. Hasil analisis yang telah dilakukan dalam siklus I dan II
mengenai karakter siswa, dalam siklus I didapatkan skor rata-rata siswa yakni
114,9 dengan kategori sedang. Melanjutkan siklus II,setelah diadakannya siklus II
peningkatan karakter siswa mulai terlihat dan dengan diadakan Kembali siswa
kelas IX A SMP negeri 5 Singaraja melalui wawancara dan dokumentasi dari
siswa maka diperoleh rata-rata 134,9.Dengan dilakukanya perbaikan pada siklus II
karakter disiplin siswa dikatakan berhasil dengan pencapaian kategori
tinggi.Dapat disimpulkan dari penelitian terkait Model Pembelajaran Problem
Based Learning Sebagai Upaya Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Pada
Anak-anak di SMP N 5 Singaraja kelas IX A mengalami peningkatan baik dari
karakter disiplin siswa maupun aktivitas siswa.