Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Arisandi, Nyoman Teguh Sadewa
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2024-07-31 08:08:00
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan media pembelajaran canva. Subjek penelitian adalah kelas VII berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yaitu pretest dan postest. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari perolehan persentase ketuntasan hasil belajar dari pratindakan (37,5 % siswa yang tuntas) meningkat ke siklus I (68,75% siswa yang tuntas) dan siklus II (84,37% siswa yang tuntas). Sesuai dengan hasil yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media canva mampu meningkatkan hasil belajar siswa.