PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEWS DAN
INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
MELALUI APLIKASI TIKTOK PADA
MAHASISWA ANGKATAN 2019
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Sembiring, Ika Tindria Br
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2024-07-31 11:21:52
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Online consumer reviews
terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi TikTok; (2) Influencer terhadap
keputusan pembelian melalui aplikasi TikTok; dan (3) Online consumer reviews
dan influencer terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi TikTok. Penelitian
ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif kausal. Populasi dalam penelitian
ini adalah mahasiswa angkatan 2019 Universitas Pendidikan Ganesha berjumlah
2425 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive
sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan
data dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner. Data dianalisis dengan analisis
regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Online
Consumer Reviews berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui
aplikasi TikTok; (2) Influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian melalui aplikasi TikTok; dan (3) Online Consumer Reviews dan
Influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi
TikTok.