Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan “METALIQ†pada muatan IPA yakni topik Ekosistem untuk siswa kelas VI SD. “METALIQ†dikembangkan dengan model ADDIE, dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) tahap analisis (analyze), (2) tahap desain (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) tahap implementasi (implementation), dan (5) tahap evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah “METALIQ†dengan topik Ekosistem untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. Objek penelitian yakni kelayakan “METALIQ†yang ditinjau dari
validitas isi, respon praktisi, dan respon siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, studi dokumen, kuisioner/angket dan instrumen rating scale. Untuk mengukur validitas isi “METALIQâ€, digunakan instrumen rating scale, sedangkan untuk mengukur respon praktisi dan respon siswa menggunakan kuisioner/angket. Empat orang dosen sebagai ahli menilai validitas isi produk, dua orang guru memberikan respon praktisi, dan sepuluh orang siswa kelas VI SD mengisi respon siswa. Data validitas
media pembelajaran yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V untuk mengukur koefisien validitas isi. Mean merupakan analisis untuk mengetahui rata-rata skor respon guru dan respon siswa. Hasil analisis data validitas “METALIQ†untuk ahli isi berada pada rentang 0,75-1,00 dan ahli media pembelajaran adalah berada pada rentangan 0,625-1,00. Hal ini menandakan bahwa validitas isi “METALIQ†tinggi. Uji respon praktisi mendapat skor rata-rata sebesar 4,3, dan uji respon siswa mendapat skor rata-rata sebesar 4,51. Hal ini berarti semua aspek uji respon terhadap “METALIQ†memiliki kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut, maka “METALIQ†pada muatan IPA topik Ekosistem layak untuk digunakan dalam pembelajaran.