DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR IPA BERORIENTASI NATURE OF SCIENCE DALAM BENTUK WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Wesnawati, Ayu Candra Dewi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-19 07:03:21 
Abstract :
Ayu Candra Dewi Wesnawati (2021), Pengembangan Sumber Belajar IPA Berorientasi Nature of Science dalam Bentuk Website untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ketut Suma, M.S. dan Pembimbing II: Prof. Drs. I Wayan Subagia, M.App.Sc.,Ph.D. Kata-kata kunci: sumber belajar berorientasi NoS, website dan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa sumber belajar IPA berorientasi NoS dalam bentuk website yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling yang terdiri atas dua ahli materi, satu orang ahli media, satu orang ahli bahasa, 15 orang guru IPA, dan 40 orang siswa kelas VIII. Penelitian ini dirancang dengan memodifikasi model pengembangan Thiagarajan yang terdiri atas tahapan define, design, dan develop. Desain uji coba lapangan pada penelitian ini menggunakan one group pre-posttest design. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan 1) Produk penelitian ini memiliki karakteristik menggunakan tahapan pembelajaran berorientasi NoS dan memiliki fokus dalam melatih keterampilan proses sains siswa yang disajikan dalam bentuk website; 2) Produk penelitian ini sangat valid pada aspek materi dengan koefisien validasi Gregory 0,91; 3) Pada aspek media produk penelitian ini memeroleh nilai 0,91 dengan kualifikasi sangat valid; 4) Pada aspek kebahasaan produk penelitian ini memeroleh nilai 1 dengan kualifikasi sangat valid; 5) Berdasarkan penilaian pemakai, produk penelitian ini sangat praktis yang ditunjukan dengan rata-rata skor 93,55 oleh guru IPA dan 91 oleh siswa kelas VIII; dan 6) Produk penelitian ini efektif karena memiliki gain skor 0,57 yang tergolong ke dalam kategori sedang dikuatkan dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa 76,7 dengan kualifikasi baik, dan persentase siswa yang memenuhi KKM sebanyak 70%. Sumber belajar IPA berorientasi NoS dalam bentuk website telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha