Abstract :
Dewi, Ni Luh Rika Apria (2021), Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar dan Berinovasi (4C) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I : Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd dan Pembimbing II : Dr. I Ketut Gading, M.Psi
Kata kunci: instrumen asesmen, keterampilan belajar dan berinovasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) pada mata pelajaran IPA Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Data yang dikumpulkan berupa data tentang relevansi indikator dengan variabel dan relevansi item dengan indikator serta kepraktisan instrument asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C). Data tentang relevansi indikator dengan variabel dan relevansi item dengan idikator diperoleh dari 2 orang ahli. Data kepraktisan diperoleh dari 3 praktisi yang berasal dari guru kelas V SD. Data dianalisis dengan formula Gregory. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) terlihat pada komponen, bentuk,tampilan dan materi tes yang digunakan. 2) Nilai rata-rata CV sebesar 1 yang berarti nilai validitas sangat tinggi. 3) Nilai rata-rata kepraktisan instrument adalah 4,83 yang terkategori sangat praktis. Dengan demikian, produk yang berupa instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) pada pembelajaran IPA kelas V SD layak digunakan.