DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Sukariati, Ni Ketut
Subject
Q Science (General) 
Datestamp
2021-10-21 06:20:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan dengan media mind maping dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa IPA antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent dan yang memiliki gaya kognitif Field Dependent, dan (3) mendeskripsikan pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan one way posttest only nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 12 Denpasar tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 439 siswa. Sampel berjumlah 81 siswa yang ditentukan secara simple random sampling. Data gaya kognitif siswa diperoleh dengan GEFT sebelum diberikan perlakuan, (2) data perubahan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir yang diberikan kepada dua kelompok (eksperimen dan kontrol), dan (3) data hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir setelah perlakuan kepada kedua kelompok dengan menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) Hasil belajar siswa IPA dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind maping lebih tinggi dari siswa dengan model pembelajaran konvensional (Sig. 0,000); (2) Hasil belajar siswa IPA siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent lebih tinggi dari siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (Sig. 0,003); (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar IPA siswa (Si. 0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan dengan media mind maping dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa IPA antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent dan yang memiliki gaya kognitif Field Dependent, dan (3) terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar IPA siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha