DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Konten Dan Strategi Presentasi Power Point Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Topik Larutan Asam Basa Melalui Daring
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Gupta, Ida Ayu Fanny Kharisma
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-21 08:34:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan spesifikasi konten dan strategi serta validasi produk presentasi power point program pembelajaran problem-based learning (PBL) Berbantuan LKPD dengan pendekatan saintifik untuk Topik Larutan Asam Basa Melalui Daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model pengembangan Luther dan model pengembangan Dick and Carrey (2004). Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah daftar cek studi dokumen, pedoman wawancara, soal pengetahuan awal terkait materi prasyarat larutan asam basa, dan juga lembar penilaian produk yang dikembangkan. Karakteristik dari produk yang dikembangkan meliputi 1) mengikuti urutan sintak Problem-Based Learning (PBL), 2) dimulai dari adanya permasalahan dengan menampilkan suatu fenomena, 3) di dalam produk sintak problem-based learning (PBL) mengakomodasi 5M, 4) adanya konten-konten pendukung dalam produk power point, seperti halnya konten gambar, musik, animasi, hyperlink, dan potongan video percobaan/praktikum, 5) pada LKPD mengikuti langkah kegiatan 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan). Validasi oleh para ahli menghasilkan rata-rata proporsi nilai sebesar 75% dari ahli media, 75% dari ahli isi, 84,09% dari ahli bahasa, dan 91,89% dari praktisi. Hasil uji keterbacaan produk oleh siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan terbaca dengan baik oleh siswa dilihat dari hasil pengisian LKPD dengan lebih dari 50 persen sudah banyak mampu, sehingga siswa dapat memahami power point. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha