Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa Kelas V SD N Gugus III Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu post-test only control group design. Populasi ini adalah siswa kelas V SD N di Gugus III Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 119 siswa. Pemilihan sampel ini menggunakan teknik random sampling dan diperoleh 2 sekolah yaitu SD N 1 Bungaya yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD N 2 Bungaya Kangin yang berjumlah 18 orang sebagai kelompok kontrol. Instrumen tes yang digunakan untuk mengukur kompetensi pengetahuan PKn siswa adalah tes pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi pengetahuan PKn kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 84,69, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh bahwa kompetensi pengetahuan PKn tergolong tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 73,11. Hasil uji hipotesis nilai kompetensi pengetahuan PKn siswa pada taraf signifikansi 5 % menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (25,73 > 2,021). Ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa Kelas V SD N Gugus III Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Snowball Throwing, audio visual, PKn.