Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan
media video pembelajaran (2) untuk mendeskripsikan kualitas hasil validasi media video
pembelajaran. Subjek penelitian yaitu 1 ahli muatan pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran,
1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan dan 9 orang orang
siswa untuk uji coba kelompok kecil. Metode dari pengumpulan data yang digunakan yaitu:
(1) kuesioner/angket. Proses pengembangan media video pembelajaran menggunakan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap-tahap diantaranya tahap analisis
kebutuhan (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap
implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Media video pembelajaran
ini valid dengan: (a) hasil ahli isi/materi pelajaran menunjukkan skor 88% (baik). (b) hasil
ahli desain pembelajaran menunjukkan skor 92% (sangat baik). (c) hasil dari ahli media
pembelajaran menunjukkan skor 85% (baik). (d) hasil uji coba perorangan menunjukkan
skor 97,14% (sangat baik) dan (e) hasil dari uji coba kelompok kecil menunjukkan skor
99,04% (sangat baik). Berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba perorangan dan kelompok
kecil diatas, media video pembelajaran “Selalu Berhemat Energi†diharapkan dapat
meningkatkan minat, motivasi serta hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.