DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA TOPIK DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD DI GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Goestiani, Ni Made Radha Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-20 17:12:30 
Abstract :
Kurangnya kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa membuat pembelajaran menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya suatu pengembangan media yang cocok dalam suatu pembelajaran. Salah satunya adalah media pop-up book. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pop-up book pada topic daur hidup hewan. Model yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan-tahapan yang dilaksanakan yaitu: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), dan (5) evaluation (evaluasi). Namun, adanya keterbatasan finansial, waktu, tenaga, dan sumber daya dikarenakan adanya virus covid 19 menjadikan penelitian ini hanya sampai dengan tahap implementation. Subjek penelitian ini 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi, dan 5 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode data observasi yang diambil dari validitas isi, respons guru dan respon siswa. Data dianalisis dengan rumus indeks validitas Aiken. Hasil validitas yang diperoleh sebesar 0.89 dengan kriteria “validitas tinggi”. Dari penilaian ahli desain mendapatkan skor 0.90, ahli media 0.91, Sedangkan skor penilaian para responden menggunakan rumus mean memperoleh rata-rata 4.85 dari respons praktisi 4.80 dari respons siswa. Jadi, media yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan skor 0,9. Implikasi pada penelitian ini adalah Media pop-up book dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran oleh guru jika guru merancang pembelajaran berbasis permainan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha