DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SERIOUS GAME UNTUK MATERI SATUAN PANJANG SISWA KELAS 3 SD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Kevin Kencana Putra, I Putu
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-21 09:26:11 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika pada jenjang sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk memperoleh media pembelajaran berbasis Serious game yang berguna untuk guru dan siswa. Judul dari Serious game yang dikembangkan adalah “Fruit Math”. Fruit Math memiliki peran selaku media pembelajaran pada materi satuan panjang untuk peserta didik kelas III SD. Dalam proses pengembangannya, menerapkan 3 dari 4 langkah – langkah pada 4D model yakni define, design, serta development. Serious game yang dikembangkan memiliki tiga level dengan tantangan yang berbeda. Peneliti melakukan uji coba terbatas kepada 10 peserta didik kelas III di SD N 5 Singapadu Kaler guna mengetahui tingkat validitas, kepraktisan serta efektifitas dari serious game yang dikembangkan. Data validitas peneliti peroleh dari angket penilaian oleh ahli perangkat pembelajaran serta ahli materi. Data kepraktisan peneliti peroleh dari angket respon peserta didik serta angket respon guru. Data keefektifan peneliti peroleh dari hasil tes siswa sesudah penggunaa serious game yang dikembangkan. Hasil rata – rata uji coba validitas, kepraktisan serta keefektifan media yang diperoleh secara berturut – turut adalah 2,65 dengan kriteria valid, 4,67 dengan kriteria layak dan sesuai dengan kriteria efektif dikarenakan ketuntasan klasikal siswa hingga 90% serta lebih dari ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan yakni 75%. Maka, media pembelajaran serious game “Fruit Math” sesuai dengan kriteria selaku media pembelajaran yang baik. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha