DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BUKU MEDIA FUN THINKERS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 KELUARGAKU KELAS I SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Astrayani, Ni Kadek Liana
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-20 17:22:58 
Abstract :
Penelitian ini dimaksudkan guna menghasilkan media fun thinkers untuk siswa SD kelas I pada tema 4 keluargaku yang teruji validitasnya serta mengetahui respon guru dan siswa. Model pada pengembangan media fun thinkers mempergunakan model ADDIE yang dalam pelaksanaannya terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian. Tetapi, karena kendala waktu, finansial, dan sumber daya, tahap pelaksanaan dan penilaian tidak bisa dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah buku media fun thinkers pada tema 4 keluargaku di kelas I sekolah dasar. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dari buku media fun thinkers pada tema 4 keluargaku di kelas I sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang diterapkan berupa kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data dari ahli, guru dan siswa. Data yang diperoleh dilakukan uji validitas dengan menggunakan rumus mean yang dikonversikan dalam tabel kriteria penilaian validitasdan uji reliabilitas dicari menggunakan rumus percentage of agreement. Untuk respon praktisi dan siswa dicari menggunakan rumus deskriptif presentase. Nilai hasil uji validitas dari ahli materi mendapatkan hasil 4,92 dengan kualifikasi sangat valid dengan persentase 99% dengan kualifikasi reliabel. Hasil uji validitas ahli media mendapatkan hasil 4,82 dengan kualifikasi sangat valid dengan persentase 99% dengan kualifikasi reliabel. Hasil respon praktisi memperoleh hasil 92,5% dengan kondisi sangat baik. Hasil respon siswa mendapatkan hasil 97,8% dengan kondisi sangat baik. Berkaitan dengan pemaparan di atas, bahwa media fun thinkers yang dihasilkan cocok untuk dipergunakan pada sistem pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha