DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS VI KECAMATAN ABANG TAHUN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Aryani, Ni Made Rukni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-21 01:18:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas V gugus VI kecamatan Abang Tahun Ajaran 2019/2020 serta (2) untuk mendeskripsikan solusi yang dapat diberikan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V gugus VI kecamatan Abang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 16 orang. Data yang dikumpulkan meliputi data motivasi belajar matematika siswa yang didapatkan dari penyebaran kuesioner/angket yang terdiri dari 25 pernyataan, observasi, wawancara dengan guru dan siswa serta dokumentasi kegiatan di dalam kelas. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif yang dipaparkan dalam bentuk uraian singkat, persentase, diagram, dan bukti fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor ( X ) motivasi belajar kelas V SD Gugus VI kecamatan Abang yakni 58,06 dan berada pada interval rata-rata 30 ï‚£ X  60 yang artinya motivasi belajar siswa kelas V SD Gugus VI kecamatan Abang termasuk pada kategori rendah. Faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya faktor kemampuan guru seperti metode dan media pembelajaran yang kurang bervariasi, cara guru menjelaskan terlalu cepat sehingga siswa sulit memahami pelajaran, faktor kemampuan siswa yang seharusnya ditunjukkan siswa dalam belajar hendaknya memperhatikan, namun yang terjadi siswa sebagian besar lebih sibuk dengan aktifitasnya sendiri dan teman-temannya, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan faktor keluarga. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha