Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui faktor penyebab
rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas V gugus VI kecamatan Abang
Tahun Ajaran 2019/2020 serta (2) untuk mendeskripsikan solusi yang dapat
diberikan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V gugus VI
kecamatan Abang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V Gugus VI
Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020, yaitu
sebanyak 16 orang. Data yang dikumpulkan meliputi data motivasi belajar
matematika siswa yang didapatkan dari penyebaran kuesioner/angket yang terdiri
dari 25 pernyataan, observasi, wawancara dengan guru dan siswa serta dokumentasi
kegiatan di dalam kelas. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif yang
dipaparkan dalam bentuk uraian singkat, persentase, diagram, dan bukti fisik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor (
X
) motivasi belajar kelas V SD
Gugus VI kecamatan Abang yakni 58,06 dan berada pada interval rata-rata
30  X  60
yang artinya motivasi belajar siswa kelas V SD Gugus VI kecamatan
Abang termasuk pada kategori rendah. Faktor penyebab rendahnya motivasi belajar
siswa diantaranya faktor kemampuan guru seperti metode dan media pembelajaran
yang kurang bervariasi, cara guru menjelaskan terlalu cepat sehingga siswa sulit
memahami pelajaran, faktor kemampuan siswa yang seharusnya ditunjukkan siswa
dalam belajar hendaknya memperhatikan, namun yang terjadi siswa sebagian besar
lebih sibuk dengan aktifitasnya sendiri dan teman-temannya, sarana dan prasarana
yang kurang memadai dan faktor keluarga.