DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM DAN DAMPAKNYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Axmalia, Linda
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-21 02:49:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diberikan perlakukan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning dengan kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitiannya adalah pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Sukasada sebanyak 169 orang. Sampel penelitiannya adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan uji t dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi perubahan iklim dan dampaknya setelah diberikan perlakukan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning menggunakan analisis uji t diperoleh sig (2 tailed) sebesar 0,022 < 0,05 maka artinya H0 ditolak dan dengan otomatis Ha diterima. Kesimpulannya adalah ada perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diberikan perlakukan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning dengan kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning, sehingga model ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi perubahan iklim dan dampaknya. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha