Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Sukmaningsih, Gusti Ayu Putu Wina
Subject
L Education (General)
Datestamp
2019-10-28 04:05:43
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media konkret budaya lokal Bali dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun ajaran 2018/2019. Jenis penilaian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equeivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri 10 kelas dari 7 sekolah sebanyak 327 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 12 Peguyangan sebanyak 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B SD Negeri 5 Peguyangan sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes objektif, dan instrumen berupa pilihan ganda biasa sebanyak 34 butir soal yang sudah divalidasi. Data penguasaan kompetensi pengetahuan matematika kemudian dianalisis dengan uji-t. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung = 11,827 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% dan dk = 64 dengan taraf signifikan 5% adalah 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelompok eksperimen X ? = 28,17 dan kelompok kontrol X ? = 18,60. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media konkret budaya lokal Bali terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019.