Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan dan iklan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Bukalapak di Banyuwangi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik penarikan sampel kuota. Jumlah sampel yang digunakan adalah 120 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner online melalui google form dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kepercayaan dan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Bukalapak di Banyuwangi. (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Bukalapak di Banyuwangi. (3) Iklan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Bukalapak di Banyuwangi.