Abstract :
STUDENTS’ PERCEPTION ON ZOOM-BASED
ENGLISH FULL VIRTUAL LEARNING
Oleh:
Rizal Nobiantoro Sulpa, NIM 1712021023
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha,
Singaraja
E-mail: rizalnobiantorosulpa@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang
penggunaan Aplikasi Zoom pada siswa Pendidikan Bahasa Inggris, dan kekuatan
dan kelemahannya terhadap penggunaan aplikasi. Penelitian ini menggunakan
explanatory sequential mixed-method sebagai desain penelitian. Ada dua tahap
dalam desain penelitian ini. Tahap pertama menyajikan data dalam penelitian
kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk
mengumpulkan data. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data persepsi siswa
tentang Aplikasi Zoom. Kemudian, tahap kedua menggunakan pedoman
wawancara sebagai tindak lanjut untuk mendapatkan data, hasilnya dapat
diinterpretasikan secara mendalam melalui penelitian kualitatif, dan untuk
menjawab pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan Aplikasi Zoom. Setting
penelitian ini adalah pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris khususnya
semester 6 yang terdiri dari 58 mahasiswa dengan total dua kelas. Mereka diajarkan
menggunakan Aplikasi Zoom untuk pembelajaran bahasa Inggris online sejak
Covid-19 mempengaruhi sistem pendidikan hingga sekarang. Data yang dianalisis
adalah data dari pedoman wawancara yang digunakan untuk mengetahui kelebihan
dan kekurangan penggunaan Aplikasi Zoom dalam pembelajaran bahasa Inggris
online, dan data angket digunakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap
penggunaan Aplikasi Zoom dalam pembelajaran bahasa Inggris online. sedang
belajar. Kemudian, data yang diperoleh menunjukkan hasil angket terkait persepsi
siswa menunjukkan bahwa penggunaan Aplikasi Zoom dalam pembelajaran bahasa
Inggris online menunjukkan respon yang positif. Hasil ini menunjukkan bahwa
Aplikasi Zoom dapat diimplementasikan untuk melakukan pembelajaran bahasa
Inggris online. Sementara data wawancara menunjukkan bahwa selama
implementasi Aplikasi Zoom memiliki kelemahan utama seperti masalah koneksi
dan keterbatasan waktu, Aplikasi Zoom juga memiliki kelebihan yang disadari
siswa dari kemudahan, kegunaan, dan fleksibilitasnya untuk melakukan
pembelajaran bahasa Inggris online.
Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Berbabis Zoom, Pembelajaran virtual penuh
bahasa Inggris.