DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA KELAS X
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Putri Krisna Dewi, Sang Ayu
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-22 00:35:21 
Abstract :
Studi ini dilaksanakan dengan tujuan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi keterampilan pemecahan masalah untuk pokok bahasan trigonometri bagi siswa kelas X serta mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan dari LKPD yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Uji coba terbatas dilakukan di sebuah SMA Negeri 1 Blahbatuh dengan subjek uji coba adalah siswa kelas X MIPA 1. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respon siswa dan angket respon guru. Hasil uji validitas dari ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,44 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji validitas dari ahli media memperoleh rata-rata skor 4,65 dengan kriteria sangat valid pula. Penelitian ini dilakukan dimasa pandemi. Siswa bergabung di google classroom kemudian siswa diminta mengerjakan LKPD yang telah dibagikan. Hasil implementasi pada siswa mendapatkan nilai rerata 4,26 yang terkategori kepraktisan yang baik, sementara hasil respon guru ditemukan bernilai rerata 4,62 yang bermakna kepraktisan sangat baik. Dapat disimpulkan yakni LKPD berorientasi keterampilan pemecahan masalah dinyatakan layak dan mendapat respon yang baik sehingga dapat diterapkan pada situasi proses belajar mengajar yang sesungguhnya. Kata kunci: LKPD, trigonometri, ADDIE, berorientasi keterampilan pemecahan masalah 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha