DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Instrumen Kemampuan Motorik Diskrit Pada Anak Kelompok B Taman Kanak- Kanak
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Devi, Kadek Indri Arista
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2021-10-20 17:25:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat wujud dan kelayakan instrumen kemampuan motorik diskrit anak kelompok B Taman Kanak-Kanak, Untuk mengembangkan instrumen kemampuan motorik diskrit anak kelompok B Taman Kanak-Kanak dilihat dari validitas butirnya, Untuk mengembangkan instrumen kemampuan motorik diskrit anak kelompok B Taman Kanak-Kanak dilihat dari validitas butir,Untuk mengembangkan instrumen kemampuan motorik diskrit anak kelompok B Taman Kanak-Kanak dilihat dari validitas reliabilitas. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (research and development) yang dilaksanakan menggunakan model RDR yang meliputi 1. Research (studi pendahuluan), 2. Development (pengembangan), 3. Research (uji efektivitas produk). Subjek penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan motorik diskrit anak-anak kelompok B Taman Kanak-kanak dengan jumlah pernyataan 29 butir. Instrumen kemampuan motorik diskrit anak kelompok B Taman Kanak-kanak telah diuji oleh dua orang ahli untuk mengukur validitas reliabilitas instrumen. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) pernyataan yang valid sebanyak 29 butir dengan perhitungan validitas instrumen kemampuan motorik diskrit anak sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi, dan (2) uji validitas butir dihasilkan 29 butir valid, (3) uji reliabilitas instrumen diperoleh 0,89 termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkam bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut teruji validitas dan reliabilitasnya. Sehingga dapat digunakan sebagai alat mengembangkan instrumen kemampuan motorik diskrit anak Kelompok B Taman Kanak-kanak. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha