Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dilla, Pande Putu Adi Putri Purnama
Subject
L Education (General)
Datestamp
2021-10-21 09:36:06
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun modul
digital dengan representasi beragam dan bermuatan masalah kontekstual pada
materi skalar dan vektor untuk siswa kelas X; (2) mengetahui karakteristik modul
digital dengan representasi beragam dan bermuatan masalah kontekstual pada
materi skalar dan vektor untuk siswa kelas X; dan (3) mengetahui kelayakan dan
kegunaan dari modul digital dengan representasi beragam dan bermuatan masalah
kontekstual pada materi skalar dan vektor untuk siswa kelas X. Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tempat
dilaksanakannya penelitian di SMA Negeri 4 Singaraja. Rancang bangun modul
digital terdiri dari halaman sampul depan, pendahuluan, kegiatan belajar (yang di
dalamnya berisi video pembelajaran, materi, simulasi dinamik, dan latihan soal),
rangkuman, evaluasi, serta daftar pustaka. Uji coba produk dilaksanakan dengan uji
coba kelompok kecil sampai dengan layak dan berguna. Prototype Final berupa
modul digital yang sudah memiliki kriteria layak dan berguna. Format bahan ajar
digital interaktif berupa website yang dikemas dalam bentuk Compact Disk.
Berdasarkan hasil yang diperoleh modul digital yang dikembangkan layak dengan
rata-rata skor 2,91 dan sangat baik untuk digunakan dengan rata-rata skor yang
didapatkan sebesar 4,65.