DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI SMP NEGERI 3 TAMPAKSIRING
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Pradnyadari, Anak Agung Istri Trisna
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-10-21 05:28:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial, (2) mengetahui faktor-faktor penyebab siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial, (3) mendiskripsikan solusi yang dapat digunakan untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, pedoman wawancara dan observasi. Tes yang akan digunakan terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Populasi penelitian ini sebanyak 314 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 24 siswa. Pada penelitian ini, metode analisis yang digunakan yaitu analisis kesalahan berdasarkan prosedur Newman. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 7 subjek penelitian melakukan kesalahan membaca, 16 subjek penelitian melakukan kesalahan memahami masalah, 1 subjek penelitian melakukan kesalahan transformasi, 16 subjek penelitian melakukan kesalahan keterampilan proses dan 4 subjek penelitian melakukan kesalahan penulisan jawaban. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu tidak teliti pada saat membaca soal, tidak memahami soal dengan baik sehingga tidak dapat menentukan makna dari soal, tidak mampu menentukan strategi yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal, kurang teliti pada saat melakukan proses perhitungan dan tidak memeriksa kembali jawaban akhir yang telah dibuat. Solusi yang dapat direkomendasikan untuk meminimalisir kesalahan konsep matematika siswa yaitu dengan lebih banyak berlatih soal, lebih teliti dan tidak tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, sebaiknya soal dibuat menggunakan Bahasa yang lebih komunikatif dan menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengerjakan soal cerita. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha