DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMATIK AKSARA DAN BAHASA BALI PADA LONTAR BERBASIS MOBILE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Aditya, Kadek Teguh Yogi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-10-28 07:45:05 
Abstract :
Lontar menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya dan kehidupan masyarakat Asia Tenggara. Contohnya, keberadaan koleksi lontar di Bali, Indonesia juga sudah dikenal sejak dulu. Namun seiring berjalannya waktu, koleksi warisan penting tersebut sepertinya dilupakan. Seolah tidak ada yang tertarik dan membutuhkan lontar ? lontar tersebut. Untuk itu dikembangkanlah sebuah Game yang memuat tentang Edukasi Lontar. Game edukasi adalah permainan yang digunakan dalam proses pembelajaran dan dalam permainan tersebut mengandung unsur mendidik atau nilai-nilai pendidikan. Tematik dalam pembelajaran yaitu suatu proses pembelajaran yang bersangkutan atau berkaitan dengan tema. Game yang dikembangkan dapat membantu pemain untuk lebih memahami Aksara pada Lontar dan juga membantu melestarikan Budaya Lontar itu sendiri. Pengembangan Game menggunakan Metode SDLC dengan model Waterfall. Terdapat 4 pengujian yang dilakukan yakni uji blackbox, whitebox, ahli media dan uji respon pengguna. Penelitian ini berhasil mengembangkan Game Edukasi setelah melewati uji blackbox dan uji whitebox. Uji ahli media menunjukkan hasil yang baik dengan persentase sebesar 83%. Uji respon pengguna yang dilakukan terhadap Game Edukasi Tematik Aksara dan Bahasa Bali pada Lontar berbasis Mobile masuk dalam rentangan sangat baik dengan persentase 87%. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha