DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA BALI SISWA KELAS VII DI SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Suryadharma, I Gede Ardi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-20 17:43:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, dan untuk mendeskripsikan validitas multimedia interaktif model hybrid learning pada mata pelajaran bahasa Bali kelas VII, menurut para ahli dan, uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunaan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan multimedia interaktif model hybrid learning pada mata pelajaran bahasa Bali meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Pengembangan multimedia interaktif model hybrid learning pada mata pelajaran bahasa Bali dinyatakan valid berdasarkan : (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,16%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,66%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,63%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,66%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (93,14%). Secara umum hasil penelitian menunjukan multimedia interaktif model hybrid learning pada mata pelajaran bahasa Bali valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Bali siswa kelas VII di SMP Laboratorium Undiksha. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar multimedia pembelajaran interaktif ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan materi pelajaran bahasa Bali. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha