DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penerapan Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Tabanan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Kadek Mira Purnama
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2021-10-21 08:13:06 
Abstract :
Purnama, Kadek Mira (2019), Pengaruh Penerapan Pendekatan PMRI terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik kelas VII SMPN 3 Tabanan. Tesis, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I: Dr. I Gede Suweken, M.Sc dan pembimbing II: Dr. I Wayan Puja Astawa, S.Pd., M.Stat.Sci. Kata-kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, pendekatan PMRI, gaya kognitif, reflektif, impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara peserta didik yang mengikuti pendekatan PMRI dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara peserta didik yang mengikuti pendekatan PMRI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari gaya kognitif, (3) bagaimana pendekatan PMRI mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitifnya. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Tabanan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling untuk analisis kuantitatif serta purposive sampling untuk analisis kualitatif. Penelitian kuantitatif ini dirancang dalam bentuk penelitian post test only control group design. Data yang digunakan untuk menentukan gaya kognitif peserta didik berdasarkan kecermatan dan temponya adalah menggunakan Matching Familiar Figure Test, sedangkan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik diberikan soal pemecahan masalah matematika. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji ANAKOVA satu jalur dengan satu kovariabel. Sedangkan data kualitatif diuji dengan melakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh penerapan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai P value sebesar = 0.37 serta dengan ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih besar daripada peserta didik di kelas kontrol; (2) terdapat perbedaan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di antara kedua kelas ditinjau dari gaya kognitifnya dengan nilai f hitung sebesar 1.21, dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika, nilai rata-rata gaya kognitif serta interaktivitas peserta didik pada kelas eksperimen lebih besar daripada nilai yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol, namun jika dilihat dari nilai pemecahan masalah matematika peserta didik reflektif pada kelas kontrol lebih tinggi daripada peserta didik reflektif dari kelas eksperimen; (3) pendekatan PMRI mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik ditinjau dari gaya kognitifnya adalah dengan cara secara rutin melatih permasalahan matematika yang bersifat realistik serta berbagai alternatif cara menyelesaikannya, memotivasi peserta didik untuk mengomunikasikan hasil kerjanya, membangun konsep pemodelan matematika, serta melatih ketelitian dalam memahami, merencanakan, melaksanakan serta pengecekan pemecahan masalah matematika. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha