Abstract :
ABSTRAK
Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization pada tanggal 11
Maret 2020 resmi menyatakan virus korona baru atau COVID-19 sebagai pandemi,
merujuk lebih dari 118 ribu kasus infeksi di lebih dari 110 negara dan wilayah
seluruh dunia dengan risiko penyebaran global lebih luas. Sehingga mengakibatkan
pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat melakukan kegiatan belajar
dan bekerja dari rumah secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kesulitan guru dan siswa pada pembelajaran berbasis online di
sekolah dasar negeri tingkat Gugus 3 kecamatan Busungbiu. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang secara spesifik
menggunakan penelitian jenis deskriptif kual- itatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis data model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kesulitan guru pada pembelajaran berbasis online di Sekolah
Dasar Negeri tingkat Gugus 3 kecamatan Busungbiu dari segi perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi. Guru dan siswa mengalami kesulitan berupa: (1)
kesulitan dalam menentukan jenis penilaian; (2) kesulitan dalam menyampaikan
materi; dan (3) kesulitan dalam mengevaluasi siswa.
Kata kunci :
Kesulitan Guru dan Siswa, Pembelajaran online
ABSTRACT
The World Health Organization or the World Health Organization on March 11,
2020 officially declared the new corona virus or COVID-19 as a pandemic,
referring to more than 118,000 cases of infection in more than 110 countries and
regions around the world with the risk of a wider global spread. This has resulted in
the government issuing a policy so that people can study and work from home
online. This study aims to describe the difficulties of teachers and students in
online-based learning in state elementary schools at the Cluster 3 level of
Busungbiu sub-district. The approach used in this research is a qualitative approach
that specifically uses qualitative descriptive research. Data collection techniques
using interviews, observation, and documentation. Data analysis used interactive
model data analysis from Miles & Huberman. The results showed that the
difficulties of teachers in online-based learning in Cluster 3 State Elementary
Schools, Busungbiu sub-district in terms of planning, implementation, and
evaluation. Teachers and students experience difficulties in the form of: (1)
difficulty in determining the type of assessment; (2) difficulties in conveying the
material; and (3) difficulties in evaluating students.
Keywords : Teacher and Student Difficulties, Online Learning