DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Talo, Yohana Anggreni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-21 07:35:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh 1) lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika yang valid; 2) lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika yang praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, akan tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kalembu Danga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi dan lembar kepraktisan yang berupa lembar angket respon guru dan angket respon siswa. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kevalidan LKPD berbasis etnomatematika sedangkan lembar angket respon guru dan siswa digunakan untuk mengetahui kepraktisan LKPD berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Adapun hasil analisis data yaitu: 1) hasil validasi LKPD berbasis enomatematika dari 2 orang ahli sebagai validator dan 2 orang guru sebagai praktisi diperoleh skor aktual 178 dan 182 dengan kategori sangat valid, 2) hasil lembar angket respon 2 orang guru diperoleh skor rata-rata 34,5 dengan kategori sangat praktis sedangkan hasil lembar angket respon 25 orang siswa terhadap LKPD berbasis etnomatematika diperoleh persentase 80,2% dengan kategori kuat/praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika yang berkualitas baik dan layak untuk diimplementasikan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha